kantor dan pekerjaan impian

Alkisah, ada sebuah kantor bernama Kantor Pengelana Nasional. Kantor ini adanya di ibukota negara. Tapi juga punya kantor perwakilan, satu kantor di setiap pulau-pulau besar. Misalnya, di Jawa punya satu kantor, di Sulawesi, di Kalimantan, di Sumatera, di Papua, dan di Nusa Tenggara masing-masing satu kantor. Rotasi pegawainya juga secara berkala, teratur, dan adil untuk menambah pengalaman. Pegawainya mesti diseleksi secara ketat karena banyak peminatnya. Kenapa banyak peminatnya? Sebab, pekerjaannya sangat menyenangkan.

Pekerjaan utama pegawainya adalah jalan-jalan. Ya, jadi turis atau pengelana. Itu sebabnyaa nama kantornya Kantor Pengelana Nasional.

Keahlian pegawainya dibagi-bagi dalam spesialisasi pantai, laut, gunung, gua, sungai, hutan, dan udara. Spesialisasi ini diperoleh dari diklat dan ujian sertifikasi. Seorang pegawai boleh mempunyai beberapa sertifikat spesialisasi. Sesuai dengan minat dan kemampuannya. Untuk jenjang karir tentu ada jenjang jabatannya. Ada jabatan fungsional Pengelana, dari Pengelana Muda, Pengelana Pratama, Pengelana Madya, sampai Pengelana Agung.

Pegawai boleh berpenampilan semenarik dan seunik yang dia inginkan. Asalkan sopan dan rapi. Kalau gondrong, harus tetap wangi dan rajin mandi. Sepeda lipatnya boleh disimpan di samping meja kerja. Meja dan kursi kerjanya boleh berbentuk selera dia. Ruang kerjanya boleh ditempel poster-poster. Syaratnya harus keren dan memperhatikan nilai estetika.

Setiap bulan pegawai ditugaskan untuk jalan-jalan. Pegawai diberikan surat tugas ke mana, sesuai dengan lingkup wilayah tugasnya dan spesialisasinya. Bisa ke pantai, laut, gua, sungai, hutan, dan gunung. Bisa susur pantai, snorkling, diving, caving, hiking, rafting, paralayang, terjun payung, rockclimbing, bersepeda, sampai sekedar camping ceria. Bisa sendirian, bisa juga dalam tim. Selain di dalam negeri, terdapat seleksi per tahun  bagi pegawai, untuk berkunjung keluar negeri, misalnya mendaki Gunung Kilimanjaro di Afrika.

Pegawai diwajibkan menuliskan kisah perjalanannya. Semakin menarik, semakin bagus. Tulisan-tulisan kisah perjalanan mereka diterbitkan dalam majalah yang diterbitkan berkala oleh kantor. Foto-foto perjalanan juga jangan sampai lupa. Sebab, dalam bisunya, foto bahkan lebih banyak bercerita dibandingkan kata-kata. Demikian sabda para juru foto.

Wah, pasti menyenangkan sekali kerja di Kantor Pengelana Nasional. Namun yang terlupa dipikirkan adalah manfaat kantor ini bagi masyarakat. Awalnya saya tidak tahu apa manfaatnya. Lupa dikonsep visi dan misinya. Tapi kata Hudha, kantor ini berguna untuk memajukan pariwisata dalam negeri. Pegawai diberikan dana perjalanan untuk dibelanjakan di setiap objek wisata. Agar masyarakat di sekitar objek wisata bertambah pendapatannya. Ya, ya, alasan itu bisa diterima. Sedang menurut saya sendiri, setelah saya pikir-pikir, kantor ini juga berfungsi untuk membuat dokumentasi tempat-tempat indah di Indonesia. Dokumentasi ini berupa catatan perjalanan dan foto-foto. Diharapkan adanya dokumentasi ini untuk mempermudah masyarakat Indonesia dan warga negara asing untuk mengenal tempat-tempat yang indah di negeri ini. Agar masyarakat negeri ini bisa lebih dekat dengan negerinya sendiri. Mengenal keindahan alam dan budaya negeri ini.

Wah, seandainya kantor seperti itu ada, ya. Hehehe.

Palembang, 6 Juli 2010, sore menjelang magrib, di ruang arsip yang ada gitarnya.

“Dari obrolan saya dan Hudha yang sudah lama sekali tidak naik gunung”.

19 Responses to “kantor dan pekerjaan impian”

  1. niatzmnia Says:

    **pertamax euy**

    aku mau deh jadi karyawannya.

  2. niatzmnia Says:

    **pertamax euy**

    ak mau deh jadi karyawannya.

  3. darisjati Says:

    ada gak ya pekerjaan yg tugasnya berselancar di dunia maya, blogwalking, social networking?

    • shavaat Says:

      hahaha. sangat2 menyenangkan pekerjaan itu.

      tapi bingung, pak, manfaatnya buat masyarakat apaan? hehe

    • nestina Says:

      ada kak, kantornya Mark Zuckenberg, dkk

      ada juga kerjaan kaya gini Je, gabung aja di Lonelyplanet, atau wartawan National Geographic kaya Farhan Qureshi di 3 Idiots

      • shavaat Says:

        iya, ya. kerja di fesbuk pasti kerjanya fesbukan melulu ya.

        atau kerja di gugel, kabarnya pakainan dan ruangannya boleh dibikin sesuai selera.

        farhan qureshi kerjanya di NG ya?

  4. sekolahahad Says:

    pekerjaan seperti itu yang saya tggu selama ini…

    salam ukhuwah…^^

  5. ghea Says:

    saya beneran mau ingin pengen banget ikut kaak! ajak2 ya kalau ketemu kerjaan kaya gini. huehehehe

  6. gerie Says:

    aku jg mau ikutan daftar ahh,,,,^o^

    spesialisasi ‘jalan-jalan’ doang,,hehe

  7. Black_Claw Says:

    ada. diskoperindagtamben. kantor saya.

    *kibas rambut gondrong*

  8. teguh Says:

    wuah.. asyik sekali pekerjaan itu.
    saya akan bekerja walaupun gak digaji, oia kerjaan itu sama kayak KOMPLID X DIVISION hehe

  9. muamdisini Says:

    wah..wah.. kapan tuh recruitment kantor “KPN” at?
    saya mau ikut daftar syaratnya apa aja yah?
    menurutmu,,saya ini cocoknya di bagian apa ya?

    hihihihihi🙂

    • shavaat Says:

      belum tau nih. lagi dikira2 AD/ART-nya.
      kekeke.

      tapi KPN boleh gabung siapa dan kapan saja. siapa saja yang mencintai pengelanaan boleh gabung.

      kalau ente, terserah mau di bagian mana.

      kalau ane sih, cukup di bagian penggebira saja. ikut camping ceria. kekeke


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: