Black Hole Grubug

Gua Grubug. Foto diambil dari www.yogyes.com. Kalau yang perjalanan kemarin, ketinggalan di Jakarta fotonya. Kapan2 upload yang asli...

Gua Grubug. Foto diambil dari http://www.yogyes.com. Tampak flowstone di bawah tirai cahaya. Kalau yang perjalanan kemarin, ketinggalan di Jakarta foto-foto Grubugnya. Kapan2 dah diupload yang 'asli'...πŸ™‚

Hari belumlah terlalu senja. Sinar matahari masih sanggup menerobos masuk, membias molekul-molekul air yg terperangkap dalam Luweng Grubug sedalam hampir seratus meter. Di dasar gua terdapat aliran sungai deras sepinggang. Di sisi lain, tepat di bawah aven, flowstone berwarna putih tegak berkilau oleh sinar matahari, cahaya headlamp, dan lampu senter.

Di atas kami, puluhan meter tingginya dari flowstone, pintu aven membuka jalan bagi sinar matahari. Bercahaya. Membentuk bulat cahaya. Gelapnya dasar Luweng Grubug seakan menghisap sinar matahari dari atas sana. Juga terhadap seluruh keangkuhan, bahkan kata-kata.

Ini keajaiban, Kawan. Black hole itu tidak hanya ada di luar angkasa. Yang ini, auranya bahkan mampu mengkerutkan segala ke-aku-an. Saya. Kami.

Subhanallah. Semakin saya menyerah.

Demang Lebar Daun, Palembang,Β 27 Mei 2009

Catatan dari perjalanan bersama kawan-kawan Stapala: Hendy, Fajar, Yusman, Golo, Yeye’, Komaruzzaman, Hatta, Mujur, Ana, dan Denis. Perjalanan menyusuri Gua Seropan, Gua Semuluh, Gua Jlamrong, Gua Sumber Suci, Gua Glatik, Gua Gelung, Gua Jomblang, dan Gua Grubug di Semanu, Gunung Kidul, 30 Maret-1 April 2009.

Perjalanan yang tak terpikirkan sebelumnya. Kawan-kawan yg tak terbayangkan hebatnya. Alam yang tak terkirakan indahnya.

di Gua Jomblang, sebelum menuju ke aven Grubug

Berpose di Gua Jomblang, sebelum menuju aven Grubug (ki-ka: Mujur, Ana, Denis, Hatta, Hendy, Golo, saya, dan Yeyek). Salah satu perjalanan dalam rangkaian 30 titik pengibaran bendera untuk 30 Tahun Stapala. Never ending adventure...

24 Responses to “Black Hole Grubug”

  1. Dimaz Says:

    Subhanallah, indah sekali alam kita.
    Kapan nih, cerita Gunung Dempo akan Kau angkat?

  2. ghea Says:

    weewh keren..

  3. marshmallow Says:

    sumpah, foto di atas juga menyerap seluruh kata-kataku…
    komentar malah bikin garing deh.
    alamnya indah, tulisannya keren.
    ditunggu upload foto-fotonya yang asli, ya?

  4. shavaat Says:

    @dimaz: indah nian, Dimaz. sangat indah. entah pujian apalagi buat alam kita ini.
    ehm, tentang Dempo, tahulah belum ada liburan, Dimaz. klo ada libur 3-4 hari aja, bisa ke Dempo. InsyaAllah, klo ada libur, atw sudah bisa ambil cuti nanti, pengen ke Dempo…
    @ghea: alamnya benar2 keren, Ghe. sungguh…
    @marshmallow: benar, Uni, pas sampai ke Gua Grubug saya ga sanggup bilang apa2. benar2 di luar bayangan saya. indah nian. kami benar2 kecil sekali rasanya waktu itu.

    foto2nya menyusul. belum sempat ke jakarta soalnya.πŸ˜‰

    • Dimaz Says:

      Saya jadi ingat waktu pulang dari Pulau Samalona.
      Sore, di tengah laut lepas, ombak lumayan besar, naik perahu motor tempel.
      Tidak ada alasan untuk sombong lagi.

  5. Nisa Says:

    Subhanallah… saya pengen ke sana… ^^

  6. sendit Says:

    GIla……dunia memang penuh misteri…
    Fotonya keren bos…πŸ™‚

    http://sendit.wordpress.com

  7. asri Says:

    wew keren…πŸ™‚
    oh temennya dimaz okky ya?

  8. wi3nd Says:

    keRRREEEEeeeeeeNNN..!!
    subhanalloh …

    fiuuuuhhh..jadi makin kan9en smaa alam dan pen kembali la9i bertiuulana9 untuk menikmati kebesaran ciptaaNNYA..

  9. Yari NK Says:

    Wah…. sinar mataharinya yang menyinari gua mirip seperti sinar dari pesawat alien ya?? Keren. HUehehe……

  10. darmawan175 Says:

    maaantaabs

  11. Top 10 Google Says:

    Foto yang indah, Iya benar, alam sangatlah indah dan semua itu adalah ciptaan Tuhan, ini akan membuat saya dan orang-orang akan lebih bersyukur kepada-nya. terima kasih!

  12. GeLZa Says:

    Hebat….
    pendaki gunung ya??
    mau mencoba goa dasar laut ???

    hehehe…
    alam kita memang hebat…
    salut…

  13. Putri Says:

    Bertualang di alam selalu meningkatkan rasa syukur kita kepada Sang Pencipta…
    Subhanaallah

  14. shavaat Says:

    @mbak wiend: iya, mbak. pemandangan2 indah dan pengalaman di alam, itulah yang membuat kita kangen kembali bertualang di alam. jadi, apakah akan ‘turun gunung’ kembali, mbak? he3. godaan dan rayuan indahnya gunung, hutan, gua, tebing karang, dan sungai2, tentu tak bisa ditolak…
    @pak yari: ha3. dasar gua grubug sangat gelap. satu2nya sumber cahaya alami adalah dari mulut gua. cahayanya membias lurus. keren sangat…
    @ahmad: memang mantap alamnya, ahmad…
    @topten: yo a, benar top. kagum dan bersyukur.
    @gelza: wah, gua dasar laut? belum pernah saya. berarti mesti diving ya? belum pernah diving nih…
    @putri: iya, mbak putri. jalan2 di alam bebas; lebih terasa hikmahnya. lebih terasa rasa syukurnya…

  15. kucingkeren Says:

    wuaduhhh seruu banget perjalannnya…. ajak2 donggg…

  16. agungfirmansyah Says:

    Seingat saya, saya udah pernah baca ini. Kok belum ada komentar saya ya?

  17. shavaat Says:

    @kucing keren: ya, seru… sangad seru malah. teman2 seperjalanan kemarin hebat2, kerja samanya bagus. ekspedisi yang penuh resiko jadi sangad bisa dinikmati….
    oke, ntar klo ada jalan2 lagi, ta’ kabari, mbak…πŸ™‚
    @agung: he3, mungkin kemarin2 lupa diberi komen. makasih, gung…

  18. ardianzzz Says:

    wadaw.. saya pernah lho kesana, udah 3x masuk jomblang…. emang keren nya minta ampun… mau tau kisahnya?

  19. muam Says:

    wow…saya jadi pengen kesana..

    hehehe….

    di palembang apa lagi yang seru at?

  20. ridhobustami Says:

    mantap2…….., tiap titik penuh makna……

  21. shavaat Says:

    @ardianz: yoa, bro. itu gua memang keren sangad. ga habis2nya rasa kagum saat menyusurinya.
    @ridho bustami: ya, titik2nya macam2. ada sungai, gunung, dua, tebing. dalam rangka 30 tahun mapala saya di kampus. ditentukan titik2 yang mesti dicapai tahun ini.

    setiap titiknya memang bermakna dan sarat pelajaran…


Leave a Reply

