kamu bilang padang gersang, aku bilang bikin senang

Pelabuhan Poto Tano. Selamat datang ke Sumbawa!

Pelabuhan Poto Tano. Selamat datang di Sumbawa, Kawan!

Alhamdulillah, saya sampai di rumah. Lumayan capai,12 jam di atas bus Mataram-Dompu tanpa AC, di bawah terik langit Pulau Sumbawa. Tapi, semua terbayar. Apalagi yg kurang? Lihat orang-orang rumah sehat wal afiat. Itu kuda juga semakin kekar-kekar badannya, tanda alam untuk sifat ulet, tak pernah menyerah, dan gerak. Bisakah kamu belajar dari mereka, Je’?

Sekarang masih di Dompu untuk pamitan. Kadang berpikir juga, seperti mau ke mana saja saya ini. Padahal Palembang itu dekat saja. Tapi, kalau lihat peta, Dompu-Palembang itu tak kurang empat selat yg harus dilewati. Dan saya harus tinggal di Palembang untuk waktu yang tidak saya ketahui. Dekat tapi jauh. Jauh tapi dekat. Jauh dekat sama sj, dua ribu rupiah. Loh?

Kemarin-kemarin dari Jogja, pamitan dengan abang saya, dan kawan baik saya, Aang. Terima kasih, Ang. Dari Jogja ke Surabaya, tidak pamitan pada siapa-siapa. Pesawat ke Mataram pagi-pagi soalnya. Sampai Mataram, pamitan sama adik saya, kawan-kawan SMA, dan keluarga-keluarga dekat di sana. Kembali dengar orang mengobrol dengan bahasa Sasak, Mbojo, atau Samawa. Dengar orang bilang lasingan. Mendengar kawan-kawan di Perumnas mengobrol dengan bahasa khas San Murep. Semisal; koya kudud-kudud it inis, Siron. Hadus amal umak kadit ngatad it inis. Kitnat-kitnat kewet-kewet it anas, Ron? Ha ha, ya, itu bahasa Indonesia yang dibalik-balik. Dan hebatnya, itu diucapkan dengan sangat amat lancar. Kana-kana San Murep memang aneh.

Sempat mengobrol dengan kawan-kawan SMA:ย  Syarif Jago Main Bola, Yogi Calon Dokter, Oky Sedang Susun Skripsi, Halim Petugas Pajak, dan Rudi Anak Akuntansi, empunya rumah yang jadi basecamp semasa SMA dulu. Halim Petugas Pajak sibuk direct selling untuk membujuk kawan-kawan agar mencontreng permen, eh,ย  partai keren sekali, Kamis nanti. Ha ha, PNS mesti netral, Bos. Tapi tak mengapalah, asal kampanyenya tetap damai.

Pantai Senggigi. Bareng adik saya, Kiki. Ha3, oke, Ki, ini fotonya dipasang. *benernya ada yang pas di pasir putihnya, tapi ga nahan dah posenya. ha3*

Pantai Senggigi. Bareng adik saya, Kiki. Ha3, oke, Ki, ini fotonya dipasang. *benernya ada yang pas di pasir putihnya, tapi ga nahan dah posenya. ha3*

Ahad siang, jalan-jalan ke Senggigi. Bersepeda motor dengan Kiki, adik saya. Lihat pantai. Jalan-jalan di pasir pantai yang putih. Minum air kelapa muda. Sampai sore.

Pulangnya, Kiki keliatan lelah sekali. Apa sebabnya?

Saya: Ki, kakak punya tebak-tebakan…

Kiki: Apa, Kak?

Saya: Makhluk apa yg badannya kecil kepalanya besar?

Kiki: Hmm, tweety?

Saya: Bukan…

Kiki: Apa dong. Tweetylah…

Saya: Bukan… Hmm, mau tau jawabnya? Ikan teri pake helm!

Kiki: . . .

Saya: Kok nggak ketawa, sih?

Kiki: Kiki lapar…

Saya: Ha ha ha

Kiki: He he he.

Oke, habis pulang ke rumah, kami cari makan. Jalan-jalan dulu sampai Cakranegara, terus berbalik. Makannya di warung ayam taliwang di Gomong. Sedap rasanya. Ayam taliwang plus pelecing kangkung plus beberok. Pedas semua. Pulau Lombok memang berasa Lombok: pedas!

Pelabuhan Khayangan, Lombok Timur. Berlatar belakang Gunung Rinjani. Siapa tak ingin ke sana?

Pelabuhan Khayangan, Lombok Timur. Berlatar belakang Gunung Rinjani. Siapa tak ingin ke sana?

Aha, kapan-kapan, kalau kakak punya waktu, kita ke Rinjani. Bawa carrier. Bawa jaket tebal. Bawa toblerone yang banyak.

Ini sedang di Dompu. Ingin bertemu kawan-kawan baik di sini; cingi canga, black claw, dan kawan-kawan yang mungkin pulang dari rantau. Kabupaten kecil ini sedang panas-panasnya. Panas karena terik matahari. Panas karena dekat-dekat pemilu. Tapi juga sedang hijau. Adem jadinya lihat pepohonan yang hijau. Kalau sedang kering, tanah ini bisa jadi gersang. Tapi, itulah tanah ini apa adanya. Orang bilang padang gersang, saya bilang bikin senang.

Alhamdulillah.

Demang Lebar Daun, Palembang, Ahad, 3 Mei 2009

“Ini tulisan dari catatan saya di facebook. Disalin dan disesuaikan sedikit. Ini ditulis saat masih di Dompu, NTB. Tiga hari di sana; tapi sayang tidak sempat ke La Key, pantai di Dompu yang fotonya jadi header blog ini. Kapan-kapanlah ke sana. Ingin lihat pasir putih dan ombak tingginya lagi”.

6 Responses to “kamu bilang padang gersang, aku bilang bikin senang”

  1. ryn1love Says:

    membangkitkan kenangan semua -_-v

    lasingan, crita2 di postingnya familiar semua sih๐Ÿ˜‰
    sedikit mengobati rindu..
    ada senggigi, ada pototano ( inget plajaran seni ^^ ),ada kayangan dan rinjaninya..

    pulang kampung memang bikin senang, slalu

    • shavaat Says:

      lasingan…
      he3, pulang kampung baru bisa dengar kata “lasingan”.

      iya, mbak. apalagi pulang untuk ditinggalkan lagi. berlipat2 dah rasa rindunya.
      pasti dulu pas pelajaran seni di smansa nyanyi pototano ya? klo ga sesuai nada, di’tekik’ sama ibu sapa itu (lupa namanya..). he3

      ah, makin jarang nih bisa pulkam…

  2. wi3nd Says:

    wuuuuuuu..puLkam yaaa..??
    menyenan9kan yaaa..
    hutan,9unun9,pantaii aahhh shavaa jadi kan9en sama pe9unun9an ju9a pantai ๐Ÿ™‚
    mana yan9 9ersan9 vha,yan9 kulihat semuanya indahh๐Ÿ™‚

  3. Black_Claw Says:

    oh, kemarin ke kantor saya ya. sori, lagi bolos berbulan2.๐Ÿ˜›

  4. shavaat Says:

    @mbak wiend: iya, ha3. nggak menyenangkan, tapi… sa-ngat me-nye-nang-kan…

    hutan pulau sumbawa, gunung rinjani dan tambora dari kejauhan, pantai-pantai indah.
    di pulau sumbawa (dompu di dalamnya) memang ga semuanya gersang. apalagi klo lagi penghujan. tapi kalo lagi musim kemarau, banyak pohon meranggas. panas. matahari seperti ada dua di sana. ha3
    indah kok di sana. ayo visit lombok-sumbawa 2012!

    @blekklow: ah, ente ga pernah ada di kampung. ke mana2 saja ente ini, susah nyarinya. di mane sekarang?

  5. Black_Claw Says:

    dompu.๐Ÿ˜€


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: